Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Deteksi Kelamin Lewat USG
14 Oktober 2012 - dibaca : 62.163 kali

Deteksi Kelamin Lewat USG

Jenis kelamin dapat dilihat dengan pemeriksaan USG paling awal pada usia kehamilan 12-14 minggu. Semakin besar usia janin semakin mudah memeriksa jenis kelaminnya. 

Visualisasi jenis kelamin tergantung beberapa faktor seperti posisi janin, jumlah air ketuban, dan ketebalan dinding perut ibu. 

Nah, umumnya pada usia 22-24 minggu, jenis kelamin lebih mudah ditentukan. Janin laki-laki dapat ditentukan dengan tampak gambaran skrotum, testis, bahkan penis. Penting untuk diperiksa adalah telah turunnya testis pada skrotum pada kehamilan trimester terakhir. Janin perempuan tidak bisa ditentukan dari tidak adanya skrotum atau penis. Jadi harus dicari gambaran tiga garis pada daerah genitalia atau kadang seperti gambaran "hamburger". 

Dengan kemajuan teknologi USG 3D/4D melihat jenis kelamin menjadi lebih akurat. Meski begitu, USG hanyalah alat bantu yang tidak tertutup kemungkinan memberikan informasi yang kurang tepat karena keterbatasan yang dimilikinya. Karena itu, kepastian jenis kelamin bayi akan ditentukan ketika dokter atau bidan usai membantu persalinan mengatakan, "Selamat ya Bu anaknya perempuan (atau anaknya laki-laki)."


Terpopuler