Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Pola Makan Bumil Kurus
14 Oktober 2012 - dibaca : 65.053 kali

Pola Makan Bumil Kurus

Ibu hamil (bumil) yang tergolong kurus sebelum hamil, diharapkan bisa mencapai kenaikan berat badan sebanyak 12,5-18 kg pada akhir kehamilan. Agar kenaikan berat badan tetap terjaga, ibu perlu secara berkala dan rutin menimbang berat badan bersamaan dengan pemeriksaan kehamilan serta mengatur pola makan yang baik. Pola makan bumil sebaiknya disesuaikan dengan berat badannya.

Untuk bumil kurus, perharikan kebutuhan makan per harinya. Ada baiknya bumil mengikuti anjuran Endang Titi Amrihati, SKM, MKEs, dari Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II, Jurusan Gizi, berikut ini:

* Nasi atau pengganti setara dengan 6 porsi (1 porsi setara dengan 3/4 gelas atau 100 gr).
* Sayuran 3 mangkuk.
* Buah 3 potong sedang.
* Susu 9 sendok makan.
* Telur 2 butir.
* Daging 1 potong sedang.
* Ayam 1 potong sedang.
* Ikan 1 potong sedang.
* Tempe 3 potong sedang.
* Gula pasir 4 sendok makan.
* Lemak atau minyak 5 sendok teh.
* Roti 4 iris.
* Biskuit 6 keping.

Pengaturan makanan bagi bumil kurus lebih sederhana, yakni tiga kali makan utama dan dua kali jadwal camilan. Perhatikan juga asupan cairan baik air putih, jus atau makanan yang mengandung kadar air tinggi. Asupan cairan selain mudah mengeyangkan juga memancing timbulnya rasa mual.

Supaya kebutuhan bumil kurus tercukupi, disarankan mengonsumsi makanan dengan sedikit kuah. Selain itu, setelah makan beri jeda 30 menit hingga satu jam sebelum minum. Tak ada pantangan makanan apa pun untuk bumil kurus.


Terpopuler