Olahraga Ibu di Atas Usia 30 Pascabersalin Normal
14 Oktober 2012 - dibaca : 6.244 kali

Olahraga Ibu di Atas Usia 30 Pascabersalin Normal

Pascabersalin dan dalam masa menyusui di dua bulan pertama, umumnya ibu tak ada penyulit dalam bentuk fisik ataupun psikis. Meski begitu, fokus utamanya tetaplah perhatian pada si kecil dan mood ibu. Dengan begitu, ibu bisa sehat, si kecil bahagia, dan tentunya ASI eksklusif bisa berjalan baik.

Jadi, aktivitas seperti biasa boleh dilakukan. Khusus ibu di atas usia 30 tahun, sebaiknya mendapat bantuan dari asisten rumah tangga, supaya ibu bisa melakukan pemulihan dengan baik untuk kondisi fisik dan mental usai melahirkan maupun dalam menjalani masa-masa penuh tantangan selama 40 hari kehidupan si kecil di rumah.

Untuk olahraga, selain jalan-jalan pagi, jika ibu memang sudah merasa fit atau setelah masa nifas berlalu, boleh melakukan olahraga yang biasa dilakukan, seperti bersepeda, berenang, atau pun nge-gym. Hanya saja melakukannya jangan terlalu berlebihan dengan alasan ingin cepat turun berat badan.

Olahraga secukupnya saja supaya bisa membagi tenaga untuk keluarga dan si kecil. Bagi ibu di atas 30 tahun, durasinya cukup 15-30 menit seminggu tiga kali.

Lewat tiga bulan pascapersalinan, selain tetap melakukan aktivitas di rumah seperti biasanya yang sanggup dilakukan, olahraga bisa sekaligus menjadi me time bagi ibu. Lakukan olahraga yang disukai, yang menurut ibu menyenangkan dan sesuai kemampuan.

Cari lokasi dan waktu untuk berolahraga sebaiknya dekat rumah atau dekat kantor. Ingat, waktu ibu sangat padat karena saat ini sudah harus kembali ke kantor, selain juga harus bisa mengurus si kecil di rumah. Sedangkan untuk waktu bisa pagi atau sore.

Jika memang sulit membagi waktu, lakukan olahraga yang sederhana saja seperti senam aerobik atau jalan pagi di sekitar rumah.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler