Siklus Tubuh Setelah Melahirkan
14 Oktober 2012 - dibaca : 28.848 kali

Siklus Tubuh Setelah Melahirkan

Tubuh perempuan akan mengalami perubahan pada saat hamil dan juga setelah melahirkan. Banyak pertanyaan akan timbul pada ibu baru. Seperti, kapan berat badan turun? Apakah perasaan sedih itu normal? Kapan boleh berolahraga lagi? Hingga keraguan, kapan bisa bercinta kembali?

Nah, untuk meredakan sedikit kebingunan pada Anda calon ibu baru, berikut sedikit gambaran umum yang akan terjadi pada tubuh Anda setelah melahirkan.

1. Segera setelah melahirkan:  
Bobot tubuh Anda bisa turun 9 hingga 12 kg. Dengan asumsi Anda tidak lagi membawa bayi dengan berat kira-kira 3 hingga 4 kg bayi,  setengah atau 1 kg berat plasenta, dan 1 kg darah dan cairan ketuban.

2. Dua sampai tiga hari:
Hingga 80 persen wanita mengalami baby blues, perasaan kesepian, sedih, dan takut bahwa tidak akan mampu melakukan tugas dengan baik. Hal ini normal. Namun jika baby blues Anda tidak pergi atau memburuk, beritahu dokter Anda. Anda bisa saja mengalami depresi postpartum, yang bisa berdampak serius.

3. Tiga hari:
ASI seharusnya sudah tersedia sekarang,  Jika Anda tidak menyusui, payudara Anda akan mulai merasa kurang penuh dan akan berhenti memproduksi susu dalam waktu sekitar seminggu.

4. 10 hari:
Darah berlebih dan jaringan dari rahim Anda, yang  tumpah keluar setelah melahirkan, akan berkurang dalam volume dan warna.

5. Tiga minggu:
Otot-otot Anda akan mulai kembali mengencang. Jika Anda memiliki bebas komplikasi pada persalinan normal dan sudah rutin olah raga sebelum dan pada saat kehamilan, Anda mungkin dapat latihan ringan sekarang. akan tetapi lakukan setelah pemeriksaan oleh dokter Anda.

6. Empat sampai enam minggu:
Setelah rahim tumbuh dan membesar dengan ukuran semangka selama kehamilan, masa ini rahim akan menyusut kembali ke ukuran biasa. sedangkan, penurunan kadar estrogen dapat menyebabkan rambut menipis selama waktu ini. Tenang, ini hanya terjadi sementara. Dalam beberapa bulan, rambut akan tumbuh dan menebal kembali.

7. Lima minggu:
Anda sudah aman dan bisa melakukan hubungan seks kembali. Bila ragu dan masih takut bicarakan segala keprihatinan dengan ahli kandungan pada minggu ke enam pemeriksaan Anda. Termasuk jika ingin mulai menggunakan kontrasepsi, tanyakan pada dokter Anda yang aman bagi ibu menyusui.

8. Enam minggu:
Waktu untuk pemeriksaan postpartum Anda. Ahli kandungan akan memeriksa vagina dan perut untuk memastikan Anda telah pulih sejak proses melahirkan. Dokter mungkin akan  membahas kondisi emosional Anda. Kecuali ada komplikasi, ia juga akan memberikan izin untuk mulai berolahraga lagi (pada kecepatan yang moderat). Pastikan untuk mendiskusikan pilihan kontrasepsi yang nyaman buat Anda.

9. Enam sampai delapan minggu:
Meskipun semua orangtua baru kurang tidur, jika Anda merasa terlalu lelah, mintalah dokter untuk memeriksa anemia. Kondisi lain yang dapat menyebabkan kelelahan merupakan gangguan tiroid autoimun postpartum, yang dialami  oleh 10 persen dari perempuan.

10.Tiga bulan:

Hormon Anda harus kembali ke tingkat yang sama sebelum kehamilan, yang berarti siklus menstruasi Anda harus dimulai rutin lagi.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler